Ilmu Sosial Budya Dasar- ISBD Sebagai Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat

ISBD SEBAGAI MATAKULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT               Pendekatan dalam ISBD akan memperluas pandangan bahwa masalah sosial...


ISBD SEBAGAI MATAKULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT

 
            Pendekatan dalam ISBD akan memperluas pandangan bahwa masalah sosial, kemanusiaan, dan budaya dapat didekati dari berbagai sudut pandang. Dengan wawasan ini pula maka mahasiswa tidak jauh dalam sifat pengotakan ilmu secara ketat. Sebuah ilmu secara mandiri tidak cukup mampu mengkaji sebuah masalah kemasyarakatan. Dewasa ini, sebuah masalah berkembang semakin kompleks. Kajian atas suatu masalah membutuhkan berbagai sudut pandang keilmuan, demikian pula dengan solusi pemecahannya
ISBD sebagai Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat mempunya visi: Mengantarkan mahasiswa memantapkan kepribadian, kepekaan sosial, kemampuan hidup bermasyarakat, pengetahuan tentang pelestarian, pemanfaatan sumber daya alam, dan lingkungan, dan mempunyai wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
ISBD sebagai Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat mempunyai misi : Membantu menumbuhkembangkan: daya kritis, daya kreatif, apresiasi, dan kepekaan mahasiswa terhadap nilai-nilai sosial dan budaya demi memantapkan kepribadiannya sebagai bekal hidup bermasyarakat selaku individu dan makhluk sosial.
        Kompetensi dasar untuk bidang ISBD adalah menjadi ilmuan dan profesional yang berfikir kritis, kreatif, sistemik, dan ilmiah, berwawasan luas, etis, memiliki kepekaan dan empati terhadap solusi pemecahan masalah sosial dan budaya secara arif .
ISBD sebagai Program Pendidikan Umum (General Education)
Program pendidikan umum diharapkan dapat menjadikan mahasiswa lebih peka dan lebih terbuka, disertai rasa tanggung jawab yang lebih kuat.
 

You Might Also Like

0 komentar