Sistem Face Detection untuk Daftar Hadir Mahasiswa

Pengenalan wajah atau Face Recognition adalah sebuah sistem identifikasi pribadi yang menggunakan karakteristik pribadi seseorang (dalam ...

Pengenalan wajah atau Face Recognition adalah sebuah sistem identifikasi pribadi yang menggunakan karakteristik pribadi seseorang (dalam hal ini wajah orang tersebut) untuk mengidentifikasikan identitas orang tersebut.
Absensi siswa memegang peranan penting dalam dalam perkuliahan, Sistem face detection bertujuan untuk mengurangi tingkat kebohongan mahasiswa dalam hal titip absen, menghasilkan sistem absensi kuliah yang dapat mencatat kehadiran mahasiswa secara mutlak, efektif dan efisien sehingga mengurangi tingkat kecurangan dalam daftar kehadiran, karena mahasiswa yang bersangkutan harus datang ke tempat belajar-mengajar secara langsung.
Permasalahan ini dapat dikelompokkan menjadi dua bagian besar, yaitu verifikasi wajah danidenrifikasi wajah. Pada verifikasi wajah, orang yang berhasil diotentifikasi disebut dengan client, sedangakanyang tidak berhasil, disebut impostor. Sedangkan dalam identifikasi wajah, berkaitan tentang sebuah subjekwajah, baik yang dikenal ataupun yang tidak dikenal, pada basisdata wajah.Dalam pengenalan wajah, terdapat 2 variabilitas. Yaitu varibilitas extrapersonal dan intrapersonal. Variabilitasekstra-personal timbul karena proses pengenalan wajah dilakukan pada wajah yang sangat berbeda, karena perbedaan ras dan genetika. Langkah-langkah generik dari sebuah sistem pengenalan wajah adalah sebagai berikut :
1. Deteksi Wajah
Proses ini dilakukan untuk menemukan posisi wajah dalam sebuah citra. Citra wajah yangditemukan akan dilokalisir dan diekstraksi dari latar belakangnya.
2. Ekstraksi Ciri
Masukan pada proses ini adalah wajah tunggal tanpa latar belakang.
3. Klasifikasi 
Pada tahap ini, dilakukan pencocokan data wajah dengan data wajah yang ada pada database wajah.

You Might Also Like

0 komentar