Game Sebagai Alat Pembelajaran dan Terapi Alternatif di Masa Depan
11.19
Menurut
Isenberg dan Jacobe dalam Suratno (2005), alat permainan yang optimal adalah
alat permainan yang mampu merangsang dan menarik minat anak, sekaligus mampu
mengembangkan berbagai jenis kemampuan anak dan tidak membatasi hanya pada satu
aktivitas tertentu saja atau yang disebut sebagai "open-ended
plaything".
Permainan
bertujuan pada dasar nya untuk menstimulasi aspek aspek dari perkembangan anak
dimulai dari kecerdasan anak (kognitif), afektif psikomotor, agama,
sosial-emosional, bahasa dan seni. namun secara khusus game ini bertujuan untuk
mengenalkan anak pada komputer, Game dapat melatih anak menggunakan komputer,
dan supaya lincah memegang mouse.dan juga dapat melatih koordinasi antara mata
dan tangan sehingga adanya integrasi antara tangan dan mata sehingga
perkembangan anak dapat berjalan dengan optimal.
Progam
simulasi atau software yang baik untuk
pendidikan anak ialah disesuaikan dengan usia. Para Guru/Orangtua harus
memahami perkembangan pemahaman anak, Untuk anak usia 0-2 tahun anak mendapat
pemahaman dari panca indra dan bahasa isyarat, Mulai Usia 3 tahun, anak mulai
menggunakan bahasa dan lambang/simbol tertentu bahkan sudah mulai bisa memahami
logika.
Manfaat
Bermain Komputer:
1. Melatih logika. Saat bermain game,
anak-anak harus menggunakan berbagai strategi untuk memenangkan permainan. hal
ini dapat melatih penggunaan logika, menganalisa, dan memecahkan masalah yang
sedang dihadapi
2. Melatih kemampuan spasial. Melalui game
permainan, kemampuan spasial anak yang berhubungan dengan kecerdasan gambar dan
bervisualisasi akan terasah. Kemampuan ini akan berpengaruh dengan kemampuan
berhitung mereka.
3. Kemampuan membaca. Bagi anak yang belum
lancar membaca, game konsol bisa jadi alat yang tepat untuk membantu belajar
membaca. Seperti di ketahui ada beberapa game ada yang bersifat edukasi dan
bisa membantu anak untuk belajar dengan cara yang lebih asyik.
4. Mengembangkan
imajinasi. Permainan bisa membantu anak untuk mengembangkan imajinasi mereka.
Anak bisa menggunakan imajinasi ini untuk menyeimbangkan berbagai kejadian
dalam film dan diaplikasikan dalam dunia nyata (yang relevan dan postif)
6. Penggunaan bahasa Inggris. Salah satu
game anak yang disukai adalah konsol dan game online. game ini banyak dibuat
oleh perusahaan luar negeri yang mempergunakan bahasa Inggris.
Sumber:
http://syarifahnurza.blogspot.com/2013/09/profil-pengembangan-permainan-komputer.html
0 komentar