ANTARA TENOKLOGI DENGAN KEMISKINAN (SOFTSKILL-Ilmu Sosial Dasar)

     Pengertian Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan. Teknologi juga bisa diartikan sebag...

     Pengertian Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan. Teknologi juga bisa diartikan sebagai suatu keseluruhan sarana yang menyediakan sesuatu yang diperlukan untuk kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. 

     Dalam perkembangannya teknologi mulai dimanfaatkan dan diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Misalnya dalam bidang kesehatan, teknologi, perhubungan dan arsitektur, industri, dll. Hingga ada ungkapan "SIAPA YANG MENGUASAI TEKNOLOGI, MAKA IA AKAN MENGUASAI DUNIA".  di karenakan pada era modern ini manusia tidak bisa hidup tanpa mengikuti perkembangan teknologi. Bukan hanya karena kegunaanya yang sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai urusan manusia, tetapi juga sudah dianggap sebagai trend masa kini, barang siapa yang telat dalam pengetahuannya tentang perkembangan teknologi maka dia akan dianggap sebagai orang yang ketinggalan zaman.

     Walau teknologi mempunyai peran yang sangat penting untuk membantu menyelesaikan segala urusan manusia, tentu saja penerapan dan pemanfaatan teknologi juga memiliki dampak negatif  dalam kehidupan manusia yang saling terkait dan berujung pada masalah kemiskinan, yaitu:
  1. Kerusakan Lingkungan 
Penggunaan teknologi pada industri-industri yang kurang bijaksana dampak berdampak buruk pada lingkungan alam, contohnya limbah-limbah industri yang telah mencemari tanah, air laut maupun air tawar, dan udara, hujan asam yang menimbulkan kerusakan-kerusakan sistem lingkungan. Hal itu tentu saja berdampak pada kemerosotan  kualitas sumber daya alam, dan persediaan SDA pun semakin menurun, semakin menurunnya fungsi SDA akan berakibat pada kemiskinan. 
     2.  Berkurangnya lapangan pekerjaan 
Sebelum sektor industri memanfaatkan dan menerapkan teknologi, banyak tenaga manusia yang dibutuhkan. Semakin canggihnya teknologi, tenaga kerja mannusia pun sudah kurang dibutuhkan lagi karena sudah digantikan oleh teknologi mesin, akibatnya banyak pengangguran dimana-mana.
     3.  Kenakalan Remaja
 Perkembangan internet yg luas dan tanpa batas memungkinkan mereka membuka situs-situs yang berbau pornografi, selain itu para remaja mudah terpengaruh oleh budaya luar, sehingga mereka lebih berkeinginan untuk mengikuti budaya lain, budaya barat misalnya yang mungkin lebih banyak nilai negatifnya dari pad positifnya terjadilah kemiskinan akhlak
    4.   Kriminalitas
seperti yang sudah saya bahas sebelumnya karena sekarang sudah banyak memanfaatkan dan menerapkan teknologi dalam kegiatan industri, maka industri lebuh banyak menggunakan mesin-mesin canggih daripada tenaga manusia lebih banyak menggunakan mesin-mesin canggih daripada tenaga manusia. akan terjadi pengangguran dimana-mana yang menyebabkan kemiskinan, Dalam kehidupan sehari-hari manusia memerlukan pemenuhan kebutuhan baik barang dan jasa, karena tidak mempunyai pekerjaan lagi maka banyak orang mengambil jalan pintas untuk memenuhi kebutuhannya/ melakukan tindak kriminal ( merampok, mencopet,menjambret ,dll)

You Might Also Like

0 komentar