Pengamalan Berorganisasi - Teori Organisasi Umum

          Sebelum saya menuliskan tentang pengalaman saya berorganisasi, saya akan menjelaskan sedikit tentang pengertian organisasi. apa i...

          Sebelum saya menuliskan tentang pengalaman saya berorganisasi, saya akan menjelaskan sedikit tentang pengertian organisasi. apa itu organisasi? Organisasi adalah suatu kumpulan / kelompok yang bersatu, bekerjasama untuk mewujudkan suatu tujuan bersama. Dalam berorganisasi mengajarkan kita bagaimana cara berkepemimpinan, berinteraksi dengan banyak orang, berfikir luas, bekerjasama, serta melatih tanggung jawab dalam diri.

Jenis organisasi:
1. Organisasi Formal
Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar, serta dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya.
2. Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak SD dan lain-lain.
          Saya akan bercerita tentang pengalaman saya berorganisasi, Organisasi yang pernah saya ikuti dan alami yaitu organisasi PMR(Palang Merah Remaja) yang merupakan salah satu organisasi yang terbentuk di sekolah. PMR adalah organisasi kepemudaan binaan dari Palang Merah Indonesia(PMI) yang berpusat disekolah-sekolah dan bertujuan memberikan pengetahuan dasar kepada siswa sekolah dalam bidang yang berhubungan dengan kesehatan umum dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan.
         Sebelum bergabung dengan PMR awalnya pengetahuan saya tentang kesehatan dan pertolongan pada kecelakaan masih sangat minim, kemudian disana saya diajarkan bagaimana cara menjaga kesehatan dan bagaimana cara memberi P3K pada keadaan darurat nanti, diajarkan bagaimana bekerjasama membuat tandu untuk menandu, membalut luka / patah tulang, dan lain-lain.
         Kami mempunyai jadwal untuk berkumpul saat pulang sekolah dan disaat berkumpul inilah diajarkan semua berhubungan dengan Palang Merah dan berbagi pengalaman dengan semua anggota-anggota PMR yang lain. Bukan hanya ilmu yang didapat dengan masuknya ke dalam organisasi dan berkumpul semakin bertambahnya relasi teman yang mempunyai tujuan sama dalam organisasi ini. Organisasi ini pun bertujuan agar dapat menolong orang lain secara cepat dan berhati-hati. 
         Organisasi lain yang pernah saya ikuti adalah karang taruna, waktu itu karang taruna di daerah rumah saya akan melaksanakan kegiatan perlombaan 17an menyambut HUT RI, saya bertugas sebagai seksi perlombaan. tugas saya adalah Membuat jadwal kegiatan olahraga dan rekreasi pada saat pelaksanaan, mengatur semua pertandingan perlombaan seperti perlombaan Pidato, mengarang, Pop Singer kategori Dewasa dan Remaja, dll, mengatur waktu jadwal perlombaan dan mendata jumlah peserta lomba.
          Saya adalah seseorang yang tidak terlalu suka berorganisasi, tetapi saya akui berorganisasi itu menyenangkan, kita juga banyak mendapatkan sesuatu yang positif melatih kita bertanggung jawab atas tugas yang diberi kepada kita dan melatih diri berinteraksi dihadapan orang banyak.

You Might Also Like

0 komentar