Pengertian Penalaran

1. Buatlah paragraf analisis eksplositoris yang di susun dengan deduksi ilmiah. Panjang karangan 5 paragraf. Diskusikan jawaban anda b...

1. Buatlah paragraf analisis eksplositoris yang di susun dengan deduksi ilmiah. Panjang karangan 5 paragraf. Diskusikan jawaban anda bersama teman anda untuk menghasilkan jawaban yang sempurna.
Kanker serviks atau yang disebut juga sebagai kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita. Berdasarkan data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita kanker serviks mencapai sepertiga nya. Dan dari data WHO tercatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks ini dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita dunia. Kanker serviks merupakan kanker ganas yang terbentuk dalam jaringan serviks (organ yang menghubungkan uterus dengan vagina). Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim. kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Di Indonesia hanya 5 persen yang melakukan Penapisan Kanker Leher Rahim, sehingga 76,6 persen pasien ketika terdeteksi sudah memasuki Stadium Lanjut (IIIB ke atas), karena Kanker Leher Rahim biasanya tanpa gejala apapun pada stadium awalnya. Penapisan dapat dilakukan dengan melakukan tes Pap smear dan juga Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). Di negara berkembang, penggunaan secara luas program pengamatan leher rahim mengurangi insiden kanker leher rahim yang invasif sebesar 50% atau lebih. Perawatan termasuk operasi pada stadium awal, dan kemoterapi dan/atau radioterapi pada stadium akhir penyakit. Ada beberapa tipe kanker serviks. Tipe yang paling umum dikenal adalah squamous cell carcinoma (SCC), yang merupakan 80 hingga 85 persen dari seluruh jenis kanker serviks.
Kanker serviks membutuhkan proses yang sangat panjajng yaitu antara 10 hingga 20 tahun untuk menjadi sebuah penyakit kanker yang pada mulanya dari sebuah infeksi. Oleh karena itu, saat tahap awal perkembangannya akan sulit di deteksi. Oleh karena itu disarankan para perempuan untuk melakukan test pap smear setidaknya 2 tahun sekali, melakukan tests IVA (inspeksi visual dengan asam asetat, dll). Ciri Gejala Awal Kanker serviks mungkin tidak menunjukan kondisi yang berarti, dan hanya dikira sebagai kondisi kurang fit saja. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan masyarakat dalam mengenali penyakit kanker serviks/rahim dan semua gejala yang ditimbulkan. Pendarahan abnormal pada vagina, ini adalah gejala yang paling umum. Perempuan harus menyadari menstruasi mereka, pendarahan setelah hubungan seksual, bercak diantara periode menstruasi. Sebuah pendarahan vagiina yang abnormal dan tiba-tiba tanpa alasan. Kondisi ini anda harus segera periksa kesehatan ke klinik terdekat agar mengobati kanker rahim tidak terlambat lagi. Nyeri panggul, nyeri panggul yang tidak berhubungan dengan kondisi lain, menstruasi, atau aktivitas fisik bisa menjadi gejalan kanker serviks. Keputihan, ketika anda mengamati bahwa anda memiliki keputihan yang tidak biasa dan sering, mungkin menjadi salah satu gejala kanker. Ini merupakan gejala umum yang berkaitan dengan kondisi perempuan. Peningkatan frekuensi kencing, bila anda sering buang air kecil, saatnya anda pergi ke dokter dan check up. Ini mungkin jugs merupkan ISK (Infeksi Saluran Kemih) tetapi untukk memastikan, mencari info dari dokter untuk segera ditangani. Nyeri selama hubungan seksual, bila anda merasa sakit yang tidak diinginkan selama hubungan seksual, anda mungkin menderita kanker serviks. Gangguan pencernaan, ketika anda mengalami sembelit kronis dan merasa benjolan bahkan rasa sakit saat anda buang air besar. Kehilangan nafsu makan, penurunan mendadak nasu makan juga dapat menjadi tanda kanker sevik. Kelelahan, bahkan ketika anda beristirahat tapi anda masih merasa stres dan merasa lelah sepanjang waktu, kemungkinan ini tanda dari kanker serviks.
Human papilloma Virus (HPV) merupakan penyebab dari kanker serviks. Sedangkan penyebab banyak kematian pada kaum wanita adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar, tidak hanya melalui cairan, tapi juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Selain itu, penggunaan wc umum yang sudah terkena virus HPV, dapat menjangkit seseorang yang menggunakannya jika tidak membersihkannya dengan baik. Selain itu, kebiasaan hidup yang kurang baik juga bisa menyebabkan terjangkitnya kanker serviks ini. Seperti kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin terutama vitamin c dan vitamin e serta kurangnya asupan asam folat. Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan kanker serviks adalah seringnya melakukan hubungan intim dengan berganti pasangan, melakukan hubungan intim dengan pria yang sering berganti pasangan dan melakukan hubungan intim pada usia dini (melakukan hubungan intim pada usia <16 tahun bahkan dapat meningkatkan resiko 2x terkena kanker serviks). Faktor lain penyebab kanker serviks adalah adanya keturunan kanker, penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang sangat lama dapat meningkatkan resiko seorang wanita terkena penyakit kanker serviks ini. Untuk itu, jika ingin menunda kehamilan, bicarakan solusi tepat dengan seorang dokter ahli agar usaha penundaan kehamilan tidak berakibat buruk pada kesehatan.
Kanker serviks atau kanker leher rahim jenis kanker ganas yang menyerang saluran reproduksi perempuan. Perempuan yang telah terjangkit virus papiloma manusia mengalami rasa ketakutan berlebih dan putus asa untuk kembali sembuh. Meskipun tidak dapat sembuh seperti perempuan normal lainnya akan tetapi dukungan, simpati, empati dari keluarga dan orang terdekat akan membuat penderita bersemangat untuk sembuh. pengobatan kanker serviks harus mempertimbangkan beberapa faktor diantaranya ukuran tumor, usia penderita, tingkat stadium kanker serviks, usia penderita dan lain-lain. pada umumnya, 70% pasien kanker serviks saat didiagnosa sudah mengalami stadium lanjut. Standar pengobatan kanker serviks meliputi terapi: operasi pengangkatan, radioterapi, dan kemoterapi.  Pengobatan kanker serviks tahap pra kanker - stadium 1A adalah dengan: histerektomi (operasi pengangkatan rahim). Bila pasien masih ingin memiliki anak, metode LEEP atau cone biospy dapat menjadi pilihan Pngobatan kanker serviks stadium IB dan IIA tergantung ukuran tumornya. Bila ukuran tumor tidak melebihi 4cm, disarankan radikal histerektomi ataupun radioterapi dengan / tanpa kemo. Bila ukuran lebih dari 4cm, pasien disarankan menjalani radioterapi dan kemoterapi berbasis cisplatin, histerektomi, ataupun kemo berbasis cisplatin dilanjutkan dengan histerektomi. Selain pengobatan medis, pasien juga dapat melakukan terapi komplementer dengan herbal kanker.
Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kata yang tepat untuk anda melakukan pencegahan dini terhadap resiko terserang kanker serviks. Jenis penyakit yang menjadi momok yang menakutkan untuk setiap perempuan. Tidak ada yang menyadari gejalanya, bahkan survey menunjukan perempuan yang terinfeki virus papiloma manusia (penyebab kanker serviks) baru memeriksakan diri setelah berada pada stadium 3 yang membuat penderita mengalami kerusakan organ-organ di dalam tubuhnya. Tidak menutup kemungkinan pola kehidupan anda beresiko mengalami kanker serviks. Lakukan pencegahan kanker serviks dengan cara Pemberian vaksin kanker serviks, Keganasan kanker serviks dapat menyerang wanita tanpa melihat kelompok umur. Vaksin dapat diberikan pada kelompok umur 11-26. Vaksin diberikan pada bulan 0,1 dan bulan ke 6. Deteksi dengan Pap Smear Pap smear atau tes papaniculou merupakan metode skrining untuk dapat mendeteksi kanker serviks. Test ini telah terbukti dapat mendeteksi dini terjadinya infeksi virus penyebab kanker serviks, sehingga mampu menurunkan resiko terkena kanker serviks dan memperbaiki prognosis. Hindari hubungan seks bebas, Human papiloma virus (HPV) yaitu virus penyebab kanker serviks dapat menular melalui hubungan seksual. Fakta menunjukan hubungan seksual dengan menggonta-ganti pasangan menjadi penyebab utama penularan HVS. Hindari rokok, penderita kanker serviks diantaranya adalah 30 persen dari wanita perokok aktif. Penyebabnya adalah kandungan zat kimia yang terdapat di dalam rokok memicu infeksi virus penyebab kanker serviks. Menghindari diet tidak seimbang, Diet yang salah dapat memicu perkembangan virus penyebab kanker serviks. Kandungan yang terdapat dalam sayur dan buah justru dapat membantu untuk melindungi anda dari serangan kanker serviks. Produk kimia berbahaya, Kehidupan modern yang bersifat instans justru memicu timbulnya kanker. Kandungan berbahaya yang terdapat di dalam pembungkus dan bahan plastik yang terkena panas memicu timbulnya kanker. Minimalisir penggunaan sterofom, bahan plastik yang dipanaskan atau terkena plastik.
2. Buatlah paragraf dengan penalaran sebab-akibat, kesimpulan induktif, kesimpulan berupa perkiraan (ramalan)
Di zaman era globalisasi ini, perkembangan teknologi dan informasi sangatlah cepat. Komputer leptop dan gadget tidak dapat dipisahkan dari manusia, karena barang tersebut sangat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan, nerkomunikasi dan juga untuk bermain permainan. Bahkan anak kecilpun sudah banyak yang memakai gadget untuk bermain ataupun berkomunikasi. Namun karena kemudahan itu manusia jadi sangat tergantung dengan gadget, sehingga banyak komunikasi secara langsung yang hilang. Dikhawatirkan di masa yang akan datang sosialisasi antar manusia berkurang, karena kemajuan teknologi dapat mendekatkan yang jauh namun menjauhkan yang dekat.

3. Buatlah paragraf deduktif dengan kesimpulan inferensi (3-5 kalimat -+ 100 kata), gunakan pola: pendapat - analisis - dukungan / pembuktian fakta 1-dukungan / pembuktian 2-kesimpulan inferensi.
            Penyalahgunaan narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan. Berbagai kampanye anti narkoba dan penanggulangan terhadap orang-orang yang ingin sembuh dari ketergantungan narkoba semakin banyak di dengung-dengungkan. Narkoba memiliki efek ketagihan yang mengakibatkan penggunanya kehilangan akal sehat. Setiap jenis dari narkoba memiliki efek yang berbeda dan diantaranya adalah dapat menyebabkan ddetak jantung yang lebih cepat dari normal bahkan banyak kasus orang yang menggunakan narkoba sampai mengalami kematian karena overdosis.

4. Buatlah paragraf induktif dengan kesimpulan implikasi (3-5 kalimat -+ 100 kata), gunakan pola pemecahan masalah : pernyataan maksud - deskripsi masalah - tujuan - cara mencapai tujuan - dukungan/kekuatan - kelemahan - alternatif - kesimpulan implikasi.

            Berbagai kelebihan dan keunggulan negeri matahari terbit ini menjadikan ia sebagai salah satu negara yang ingin dikunjungi oleh orang-orang dan Negara lain. Keunikan dan ciri khas negara ini dapat dilihat dari cara berpakaian, makanan, perumahan, dan kepribadian bangsanya yang begitu menghargai waktu. Bunga sakura yang bermekaran di musimnya. Dimulai dari animasi hingga idola,negara ini telah menciptakan sekelompok orang yang disebut penggemar di dalam kawasan Asia. Manga dan Anime yang juga merupakan bagian dari budaya muda. Itulah Negara Jepang yang merupakan salah satu negara yang sangat mengagumkan.

5.) Buatlah paragraph yang dimulai dengan proposisi berikut ini.
1. Jika tekat sudah bulat, Indonesia pasti dapa mengembangkan industri mobil dalam negeri
2. setip orang berakhlak, pasti antikorupsi.
1.         Jika tekad sudah bulat, Indonesia pasti dapat mengembangkan industri mobil dalam negeri. Karena Indonesia sudah mampu membuat mobil listrik, meski belum 100 persen komponennya buatan dalam negeri. Meski belum dapat diproduksi massal, tetapi mobil listrik buatan anak bangsa sudah mendapat perhatian di dalam negeri dan luar negeri
2.         Setiap orang berakhlak pasti antikorupsi. Pendidikan moral dan akhlak merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam menggapai cita dan tujuan bangsa dan juga dapat dianggap sebagai salah satu cara untuk menunjukkan cirri khas suatu negra. koruptor, para koruptor tercipta karena mereka memiliki wawasan yang luas namun tidak di imbangi dengan akhlak yang baik.
6.) Buatlah paragraph induktif yang diakhiri dengan kalimat proposisi positive universal.
                Kota metropolitan yang luas dan besar dengan populasi lebih dari 9 juta jiwa. Kota metropolitan yang tidak pernah sepi dari berbagai macam aktifitas, pariwisata, hiburan, ekonomi, perdagangan, politik sampai kota sebagai pusat pemerintahan Indonesia  ini, memang memiliki daya tarik tersendiri, sehingga membuat banyak kalangan, dari berbagai latar suku, kebudayaan, dan daerah datang dengan berbagai tujuan. Semua itu adalah ciri dari Kota Jakarta ibu kota Negara republik Indonesia.
7.) Baca paragraph berikut ini. Tentukan (1) proposisi, (2) penalaran yang digunakan, (3) pmbuktian, (4) hasil pembahasan, dan (5) jenis kesimpulan.
(1) Sebagai mobil sport yang bertenaga besar, Nisan 350Z layak mewakili produk Nisan yang dikenal sebagai mobil bertenaga besar dan tangguh. (2) Nisan 350Z menyandang mesin berkapasitas 3,5 liter, 6 silinder dalam konfigurasi V(V6), 24 katup (4 katup per silinder, continuouosly variable valve timing (CVVT), yang menghasilkan daya maksimum 287 PK ( partdekracht, tenaga kuda pada 6.200 putaran mesin per menit (rpm) dan torsi maksimum 363 Nm (Newton-meter) pada 4.200 rpm. (3) Daya dan torsi sebesar itu diteruskan keroda melalui pernelling otomatik dengan 5 tingkat kecepatan yang dilengkapi denga manual shift mode lazim disebut tiptronic. (4) Akselerasinya cukup signifikan. (5) Kecepatan 100 kilometer perjam dari posisi berhenti dicapainya dalam waktu 6 detik.
            (7) Greg Wilsin (ahli otomotif) menguji coba mesin Nisan 350Z, (Majalah Otomotif Online Canadiandriver), menyebutkan penilaiannya bahwa pada saat mendekati 5.000-6.000 rpm suara raungan mesin menerobos kabin. (8) Suara raungan itu tidak mengganggu, bahkan menimbulkan kesan macho. (9) Suara raungan itu justru memberikan perasaan akan besarnya kekuatan mesin berkapasitas 3,5 liter itu.(10) Mobil seharga Rp.885 juta itu seakan menawarkan kenyamanan, kemewahan, dan keperkasaan. (Kompas, 24 Juli 2003).
            (1). Proposisi               :  Proposisi empirik
            (2). Penalaran              : Penalaran induktif
(3). Pembuktian           : terbukti dengan penjelasan mengenai spesifikasi mobil yang         didasarkan oleh fakta
            (4). Hasil pembahasan : Pendapat pribadi mengenai mobil yang di bahas
            (5). Jenis kesimpulan   : kesimpulan implikasi
8.) Tentukan jenis proposisi kalimat dibawah ini 
      1) Jumlah sudut segi empat yaitu 360°                       : proposisi empirik
      2) Suhu badan orang sehat yaitu 36°                          : proposisi empirik
      3) Volume benda adalah sebesar cairan yang dipindahkan : proposisi empirik
      4) Manusia adalah makhluk yang berakal budi           : proposisi mutlak
      5) Semua makhluk bernyawa akan merasakan mati    : proposisi positif universal
      6) Jika volume penjualan X meningkat, laba usqaha akan meningkat : proposisi hipotetik
  7) Industri mobil nasional dapat berkembang jika pemerintah mengarahkan   dan   Mengendalikannya : proposisi kategoris
       8) Sebagian orang memilih kehidupan di dunia sebagai tujuan akhir : p. positif parsial
       9) Sebagian orang tidak bekerja pada malam hari                                : P. positif parsial
     10) Tidak sedikitpun orang makan daging kucing                                : p. negatif universal

9.) Sebutkan unsur-unsur yang membentuk sebuah penalaran.
·         Topik, yaitu ide sentral dalam bidang kajian tertentuyang spesifik dan berisi sekurang-kurangnya dua variable
·         Dasar pemikiran, pendapat atau fakta dirumuskan dalam bentuk proposisi yaitu kalimat pernyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya atau kesalahahnnya.
·         Proposisi
·         Proses berpikir ilmiah
·         Logika
·         Sistematika
·         Permasalahan
·         Variable
·         Analisis
·         Pembuktian (argumentasi)
·         Hasil
·         Kesimpulan

10.) Jelaskan pengertian penalaran karangan
            Penalaran adalah proses berpikir logis, sistematis, terorganisasi dalam urutan yang saling berhubungan sampai dengan kesimpulan. Atau menghubung-hubungkan fakta atau data sampai dengan suatu simpulan.



You Might Also Like

0 komentar