Peran Komunikasi Dalam Organisasi

A. Pengertian Apakah Ilmu Komunikasi itu? Kita dapat mengutip definisi ilmu komunikasi sebagai berikut: "Ilmu komunikasi berus...

A. Pengertian
Apakah Ilmu Komunikasi itu?
Kita dapat mengutip definisi ilmu komunikasi sebagai berikut:

"Ilmu komunikasi berusaha memahami produksi, proses, dan pengaruh sistem-sistem dan isyarat dengan mengembangkan berbagai  teori yan dapat diuji, yang berisi berbagai generalisasi yang menjelaskan fenomena yang dikaitkan dengan produksi, proses, dan efek tersebut". (Berger &Chaffee, 1987: 17).

Istilah komunikasi  atau dalam bahasa Inggris Communication berasal dari bahasa latin Communicatio, dalam perkataan ini bersumber dari kata Communis yang berarti "Common", sama (Meinanda, 1982: 4). jadi dua orang terlibat dalam komunikasi maka komunikasi akan terjadi atau berlangsung selama ada kesamaan makna mengenai apa yang dikomunikasikannya, yakni baik si penerima maupun si pengirim sepaham dari suatu pesan tersebut.

B. Proses Komunikasi di klasifikasikan menjadi 2 bagian:
1. Komunikasi verbal 
    Simbol atau pesan verbal adalah semua jenis symbol yang menggunakan satu kata atau lebih. Hampir semua rangsangan bicara yang kita sadari termasuk ke dalam kategori pesan verbal disengaja, yaitu usaha-usaha yang dilakukan secara sadar untuk berhubungan dengan orang lain secara lisan.
2. Komunikasi non verbal
    secara sederhana pesan non verbal adalah semua isyarat yang bukan kata-kata. Mencangkup semua komunikasi (kecuali verbal) yang dihasilkan oleh individu dan pengguna lingkungan oleh individu, yang mempunyai nilai pesan putensial bagi pengirim atau penerima.

C. komunikasi yang efektif ditandai dengan adanya pengertian, dapat menimbulkan kesenangan, mempengaruhi sikap, meningkatkan hubungan sosial yang baik, dan pada akhirnya menimbulkan suatu tidakan.
Ada lima hal yang dapat dijadikan sebagai ukuran bagi komunikasi yang efektif, yaitu:
- Pemahaman
- Kesenangan
- Mempengaruhi sikap
- Memperbaiki hubungan
- Tindakan

D. Implikasi Manajerial
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kata Implikasi berarti akibat. Kata Implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek yaitu salah satunya yang dibahas saat ini adalah manajerial atau manajemen
Dalam manajemen terdapat 2 implikasi yaitu :
1. Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan
2. implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan
 
Daftar Pustaka:
- Prof. Dr. Nina W. Syam, M.S. 2013. Model-model komunikasi. Simbiosa Rekatama Media
- Deddy Mulyana M.A, Ph.D. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi
- Teguh Meinanda. 1981. Pengantar Ilmu Komunikasi & Jurnalistik, Armico. Bandung.
- Drs. Jalaludin Rakhmat, M.Sc. 1985. Psikologi Komunikasi



You Might Also Like

0 komentar