ANALISIS E-GOVERNMENT KOTA/KABUPATEN PADA PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM

Nama : Rini Auliarizki NPM : 16112411 MK : Analisis Kinerja Sistem Berikut adalah hasil analisis e-government menurut panduan dari ...


Nama : Rini Auliarizki

NPM : 16112411

MK : Analisis Kinerja Sistem

Berikut adalah hasil analisis e-government menurut panduan dari KOMINFO (2003) pada Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Aceh Jaya:



Narasi:
Setelah dilakukan analisa, dapat disimpulkan bahwa Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Aceh Jaya memiliki asset yang sama pada Unit Peraturan/Kebijakan Daerah, begitu juga pada bagian buku tamu dari masing-masing kabupaten. Secara keseluruhan, Website Provinsi NAD sudah memiliki kriteria website yang lengkap dan informatif. Namun, websitekabupaten Aceh Barat lebih informatif dan komplit dalam penyampaikan informasi serta dalam memberikan pelayanan terhadap pembaca. Sedangkan website kabupaten Aceh Jaya masih ada aspek yang kurang kurang, sehingga website kabupaten Aceh Jaya masih perlu untuk direvisi kembali agar website menjadi lebih informatif.



Berikut ini adalah tabel unit analisis e-government dan kategorisasi Provinsi Aceh:



Narasi:
Telah dilakukan analisa terhadap website Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Aceh Jaya berdasarkan kategoris, berikut hasil analisisnya:

Hasil analisa terhadap website Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, adalah interaktif dan inovatif. Memberikan informasi yang cukup lengkap dan dan tertata rapih dari segi tombol dan navigasinya sehingga memberikan kemudahan kepada para pengunjung situs.
Hasil analisa terhadap website provinsi Aceh adalah sebagai berikut, untuk Informasi Menu Utama dalam Web Site mendapat nilai 70, Informasi Tambahan dalam fasilitas Website bernilai 59, Penyediaan Hubungan nilai 67, aksebilitas 100, desain 69, dan jumlah tingkatan informasi 0. Setelah membuka website provinsi aceh hasilnya cukup mudah dipahami sehingga memberikan kemudahan terhadap user atau pembaca dari segi tampilan website tersebut lebih unggul dari kedua website lainnya, namun dari segi informasi website tersebut memiliki nilai total yang paling kecil dari kedua website lainnya, yaitu 56,25
Hasil analisa terhadap website Kabupaten Aceh Barat adalah sebagai berikut, untuk Informasi Menu Utama dalam website mendapat nilai 79, Informasi Tambahan dalam fasilitas Web Site bernilai 91, Penyediaan Hubungan nilai 67, aksebilitas 100, desain 63, dan jumlah tingkatan informasi 0. Setelah membuka website resmi Kabupaten Aceh Barat, dapat dilihat bahwa website tersebut interaktif dan hasilnya cukup mudah dipahami sehingga diberi nilai 64,3.
Hasil analisa terhadap website Kabupaten Aceh Jaya adalah sebagai berikut, untuk Informasi Menu Utama dalam website mendapat nilai 88, Informasi Tambahan dalam fasilitas website bernilai 100, Penyediaan Hubungan nilai 42, aksebilitas 100, desain 63, dan jumlah tingkatan informasi 0. Website resmi Kabupaten Aceh Jaya webisite ini memiliki nilai total yang paling besar dari pada kedua website lainnya yaitu 64,6 karena website ini lebih unggul dalam kategori Informasi Menu Utama dalam Website dan Informasi Tambahan dalam Fasilitas Website yang memiliki bobot kategori besar.

Kesimpulan:
Dari analisis web yang kami lakukan dapat disimpulkan bahwa website kabupaten Aceh Barat memiliki konten yang lebih banyak namun dalam segi informasi website kabupaten Aceh Jaya lah yang memiliki informasi paling lengkap dibandingkan 2 websita lainnya, dan  Website yang digunakan oleh Nanggroe Aceh Darussalam, Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Aceh Jaya sudah cukup memenuhi panduan dari KOMINFO (2003), namun tetap harus dilakukan perbaikan-perbaikan sehingga website tersebut semakin baik dalam memberikan informasi terhadap pembaca.



You Might Also Like

0 komentar